Dec 14, 2008

Entalpi

Dalam artikel Bagaimana Memahami Termokimia telah dijelaskan ada 5 (lima) cara mencari Entalpi. Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana menentukan entalpi dengan cara berikut:

Mencari Entalpi dengan Hukum Hess

entalpi reaksi tidak tergantung pada tahapan reaksi, tetapi ditentukan dari tahap awal dan akhir.


Mari lihat copntoh di bawah ini. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini biasanya sering muncul saat ujian. Untuk menjawab pertanyaan bergambar seperti ini, gunakan hukum Hess di atas.

Lihat slide halaman 1 dalam Scribd di bawah ini


Untuk n mol senyawa, entalpi pun dikalikan dengan n. Dimana Hukum Hess menyatakan:



Contoh soal kapan kita harus menggunakan ketetapan di atas sebagai berikut.

Lihat slide halaman 2 dalam Scribd di bawah ini


Mencari Entalpi dengan Reaksi Bersusun

Soal reaksi bersusun adalah jenis soal yang paling sering muncul dalam ujian. Biasanya kita menuliskan kembali reaksi-reaksi pembentukkannya lalu menyusunnya menjadi seperti yang ditanya pada soal. Namun cara tersebut sangat tidak disarankan. Membuang waktu. Berikut adalah cara yang lebih mudah dan lebih sederhana, serta tentunya lebih cepat:

Lihat slide halaman 3 dalam Scribd di bawah ini


Mencari Entalpi dengan Data Entalpi Pembentukan

Untuk kategori ini, diberikan data entalpi pembentukan, entalpi penguraian, atau entalpi pembakaran dari senyawa. Sama dengan cara menentukan entalpi dari reaksi bersusun, jangan menyalin kembali seluruh reaksi, cukup menuliskan persamaan reaksi dari senyawa karbon, Hidrogen Monoksida (H2O) and Karbon Dioksida (CO2). Mari kita lihat contoh di bawah ini:

Lihat slide halaman 4 dalam Scribd di bawah ini


Mencari Entalpi dengan Data Energi Ikatan

For this category, draw molecular formula first so that you know the number and type of bond in the compound. And the most important thing to remember is the way to calculate enthalpy using this method very different from all other ways!! Check this example out:

Go to slide 5 dalam Scribd di bawah ini


Mencari Entalpi dengan Kalorimetri

Cara terakhir adalah bagaimana mencari entalpi reaksi menggunakan Kalorimetri. Berikut adalah contoh menyelesaikan soal seperti ini:

Lihat slide halaman 6 dalam Scribd di bawah ini



Sabar ya menunggu slide di bawah ini muncul...


Kembali ke: Hess | Reaksi Bersusun | Data Entalpi | Data Energi | Kalorimetri





Semoga atikel ini membantu kalian memahami bagaimana caranya mencari nilai entalpi dengan berbagai cara. Jangan ragu menghubungi kami, jika ada kesulitan ketika mempelajari topik ini. Kami akan segera membantu. Semoga berhasil!


Related Topic
Termokimia
Bagaimana Memahami Termokimia