Jan 8, 2009

Jembatan Keledai

Apa itu Jembatan Keledai ?

Jembatan keledai adalah cara membuat sesuatu yang sulit diingat menjadi mudah diingat. Biasanya digunakan karena ingatan alami kita sulit menerima sesuatu yang kurang menarik. Ada dua cara yang biasa dipakai, cara pertama menyingkat sesuatu menjadi menarik dan mudah dihafal. Cara kedua adalah dengan menambahkan kata-kata sehingga menjadi rangkaian kata yang menarik.


donkeydonkeydonkeydonkeydonkeydonkeydonkey

Menghafal Unsur Kimia Golongan A

Gol.Jembatan Keledai
IAHaLiNa Kawin Robert Cs Frustasi
IIABemo Mogok Cari Serep Ban Radial
IIIABung Ali Gagal Injak Telor
IVACi Siska Genit Senang Playboy
VANembak Pacar Asal Sabar Bisa
VIAOlahraga Sangat Sehat Tetapi Porno
VIIAFestival Celana Baru Itu Antik
VIIIAHeboh Negara Argentina Karena Xerangan Rindu

Menghafal Rumus Listrik

Pernah mendengar VIR, kan? Ya, itu adalah cara mengingat rumus Hukum Ohm, V = I . R

Bagaimana menghafal rumus Energi Listrik? Ingat saja, VIT atau IRIT.
Rumus itu berasal dari W = V . I . T = (I . R) I . T

Menghafal Rumus Trigonometri

Seringnya kita lupa rumus-rumus trigonometri karena terlalu banyak yang harus dihafal. Agar mudah menghafal, gunakan saja jembatan keledai. Rangkailah sesuatu menjadi menarik, konyol, atau bahkan vulgar.

Contohnya saja, Blog Matematika Dasar memberikan rahasia Matematika dan Ciuman untuk mempermudah menghafal rumus penjumlahan dan pengurangan trigonometri.

Ciptakan Jembatan Keledaimu

Jembatan keledai ini sebenarnya sudah banyak digunakan untuk mempermudah menghafal rumus-rumus. Banyak diantara kalian yang sudah mencobanya, baik mencoba jembatan keledai buatan orang lain atau membuatnya sendiri. Yang terpenting, dengan ingatan buatan ini kita menjadi lebih senang menghafalkan rumus-rumus.

Jika menggunakan jembatan keledai orang lain kita cukup berhasil menghafal, mengapa tidak membuatnya sendiri? Yuk, ciptakan jembatan keledai!