Dec 18, 2008

Amazing Google

Tahukah Anda dibalik brand Google terdapat sejumlah produk yang mengagumkan? Daftar lengkap layanan Google beserta keterangannya dapat Anda baca di Google Wacth. Di website tersebut bisa Anda temukan 60 layanan Google!!

Dalam posting ini, kami hanya akan mengulas dua layanan gratis Google yang telah diuji coba oleh tim Aidianet. Layanan-layanan tersebut adalah Google Chrome dan Google Docs.

Google Chrome

What is Google Chrome? Google Chrome adalah browser sejenis Mozilla, Internet Explore, dll. yang kecepatannya telah dibuktikan oleh tim Aidianet sebagai browser tercepat saat ini. Walaupun tim Google harus lebih menyempurnakannya lagi di masa mendatang agar customer lebih puas. 

Klik disini untuk men-download Google Chrome.  

Google Docs

Layanan gratis yang menakjubkan lainnya dari Google adalah Google Docs. Melalui layanan gratis ini, para blogger dapat sangat terbantu melakukan aktivitas menulis. Google menyediakan tiga jenis dokumen yang dapat Anda upload untuk di-embed ke dalam blog, yaitu Word (.doc), Excel (.xls) dan Power Point (.ppt). Anda bisa juga meng-upload file .pdf, namun sayangnya saat ini belum bisa di-embed langsung ke blog, sehingga jika Anda meng-upload file .pdf yang dapat dilakukan adalah share dengan rekan lewat email.

Kehebatan lain dari Google Docs ini adalah, ia menyediakan installer offline gear. Dengan adanya offline gear, kita dapat mengakses Google Docs dalam kondisi offline. Hebat bukan??? Sangat memudahkan orang-orang yang tidak dapat selalu online. Bahkan menu-nya pun cukup lengkap, yaitu File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools dan Help.

Pada posting kali ini, tim Aidianet akan mencoba mengkombinasikan tiga jenis dokumen menjadi satu.
  • Documents (.doc)
adalah lebel yang diberikan Google untuk dokumen WORD kita. Contoh dari aplikasi Documents adalah artikel ini. Artikel ini ditulis menggunakan Documents.

  • Presentations (.ppt)
adalah lebel yang untuk Power Point. Contoh dari aplikasi Presentations dapat Anda lihat di bawah ini.



  • Spreadsheets (.xls)
sedangkan spreadsheets adalah lebel untuk Excel. Contoh dari Excel adalah sebagai berikut:




Keuntungan lain menggunakan Google adalah load page menjadi cepat. Selain itu, bila Anda melakukan perubahan pada dokumen-dokumen tersebut, maka tampilan di blog pun otomatis berubah tanpa harus menempelkan HTML code yang baru.


Nah... sekarang Anda bisa membuktikannya sendiri. Coba saja bereksperimen dengan Google, dijamin Anda akan puas!! Jika masih kurang puas, Anda bisa berpartisipasi sebagai User Experience Research. Berilah pendapat Anda mengenai produk-produk mereka.